Lebaran, Petugas Kebersihan Tetap Angkut Sampah

SELISIK.ID, BONTANG – Pada perayaan Idulfitri masyarakat tidak perlu takut untuk membuang sampah. Pasalnya, petugas kebersihan tetap bertugas. Terjun membersihkan sampah selama Lebaran. Hal ini berbeda dengan daerah lain meminta warga untuk menyimpan sampahnya selama dua hari.

Kepala Bidang Kebersihan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Bontang Taufan Yuniar menerangkan, layanan pengangkutan sampah di Tempat Pembuangan Sementara (TPS) tetap jalan.

Hanya saja akan mengubah jam pengangkutan sampah. Dari sebelumnya pukul 07.00 wita diundur menjadi pukul 09.00 Wita agar petugas kebersihan dapat terlebih dahulu bersilaturahmi dengan keluarga di rumah. Namun untuk malam yang biasanya pukul 03.00 dimajukan  pukul 01.00 wita. Sehingga subuh sudah selesai.

“Pemberlakuaan ini  agar petugas yang beragama islam dapat merayakan hari besar keagamaannya,”kata Yuniar.

Taufan menerangkan pada malam hari ada dua kali pengangkutan. Yakni, awal pukul 19.00 Wita dengan menggunakan 3 truk tersebar di wilayah utara, selatan dan barat.

Kemudian pukul 03.00 wita dini hari menggunakan 8 unit truk. Dirinya pun mengimbau masyarakat untuk membuang sampah seperti biasanya.  Jika malam hari sebelum pukul 01.00 Wita sedangkan pagi sebelum pukul 09.00 wita “Tidak perlu menahan sampah selama dua hari di rumah seperti yang dilakukan daerah lain,” terangnya.

Lebih lanjut, Taufan mengatakan, tidak hanya petugas pengangkut. Tetapi pihaknya juga menurunkan petugas penyapu jalanan. Kata dia, yang bertugas adalah petugas beragama non muslim. “Tetapi semua petugas tetap standby,”ucapnya.

Terkait pemberian jam tambahan pihaknya memberikan insentif kepada petugas yang akan turun saat Idulfitri ini. Yaitu, kepada sekira 90 orang petugas. Terdiri dari petugas pengangkut dan penyapu jalanan. “Semua mendapatkan insentif tambahan di luar gaji hariannya,” katanya. (Reporter: Mawan)