Landasan Basah, Susi Air Tergelincir Keluar Runway

SELISIK.ID- NUNUKAN- Pesawat Maskapai Susi Air dengan nomor registrasi PK-VVW tergelincir di Bandara Binuang, Kecamatan Krayan Tengah, Kabupaten Nunukan, Senin (17/12/2018) pukul 15.10 Wita.

Pesawat jenis Pilatus PC6 tersebut berangkat dari Bandara Malinau mengangkut 6 orang penumpang beserta pilot dan co-pilot. Kondisi landasan yang licin karena hujan diduga menjadi penyebab tergelincirnya pesawat.

Beruntung semua penumpang selamat dan langsung dievakuasi. Sementara pesawat mengalami kerusakan pada beberapa bagian.

“Pesawat landing dan tergelincir di sisi kiri runway sehingga membuat pesawat rusak,” tulis Otband VII Balikpapan dalam surat laporannya kepada Dirjen Perhubungan Udara, Kementerian Perhubungan RI.

Informasi yang diterima media ini dari Tokoh Pemuda Adat Krayan, Martinus membenarkan jika sejak pagi hingga malam daratan Krayan terus dilanda hujan.

“Dari pagi sampai malam ini masih hujan terus, paling sebentar berhenti. Tapi gerimis lagi,” ujar Martinus.

Ditambahkan Martinus, kabar tergelincirnya pesawat yang menghubungkan Krayan dan Kabupaten Malinau itu baru tersebar sekira Pukul 15.34 Wita. Lantaran tidak adanya jaringan telekomunikasi di Kecamatan Krayan Tengah.

Pasca kejadian, seluruh korban langsung dievakuasi petugas bandara untuk dilakukan pemeriksaan sebelum akhirnya dipersilakan pulang.

“Yah, sempat kesana juga tadi. Mereka (Korban, red.) tadi segera dievakuasi,” ungkap Martinus.

Pesawat naas tersebut hingga saat ini masih diamankan di lokasi kejadian sebelum dievakuasi dan dilakukan penyelidikan oleh Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT).

“Sementara diparkir dulu, sampai ada perbaikan dan keputusan dari Otband VII Balikpapan dan penyelidikan KNKT,” kata Kepala Dinas Perhubungan Kalimantan Utara Taupan Majid. (*)

Leave A Reply

Your email address will not be published.