Komisi III Gelar Rakor Bahas Laka Lantas Simpang RSUD

SELISIK.ID, Bontang – Pasca menelan korban jiwa, penutupan jalan di simpang empat RSUD Taman Husada masih dalam pembasan pihak terkait.

DPRD Bontang berupaya memperjelas status jalan tersebut ke depannya. Sehingga tidak lagi menjadi titik rawan kecelakaan.

“Bagaimana masa depan simpang RSUD. Apa langkah preventif dari Dishub dan Sat Lantas agar tidak ada lagi kecelakaan di lokasi yang sama,” kata Wakil Ketua Komisi III Abdul Malik, ditemani tiga anggota komisi lainnya, yakni Abdul Samad, Faisal, dan Agus Suhadi, saat rapat koordinasi, Rabu (11/3/2020).

Kadishub Bontang Kamilan menjelaskan, tiga hari usai kejadian nahas itu pihaknya langsung berkoordinasi dengan Wali Kota Bontang Neni Moerniaeni. Untuk kemudian melanjutkan forum komunikasi LLAJ Kota Bontang.

Forum tersebut menghasilkan beberapa poin kesepakatan. Di antaranya menutup sementara simpang Letjen S Parman dengan water barrier.

Pengendara dari arah Soekarno-Hatta (Bontang Lestari) bakal dialihkan ke tugu Selamat Datang bila ingin melaju menuju pusat Kota Bontang.

Sementara traffic light di turunan RSUD Taman Husada Bontang dibiarkan mengedipkan lampu kuning pertanda pengendara mesti berhati-hati.

“Kami langsung bertindak cepat usai kejadian, hasil dari Forum LLAJ, simpang itu ditutup. Opsi jangka panjang masih kami rembukkan,” terangnya atas pertanyaan Abdul Malik.

Sementara itu, Kasat Lantas Polres Bontang AKP Imam Safi’i menjelaskan bahwa usai kejadian, pihaknya bertindak cepat dengan menahan sopir bus yang menjadi aktor utama musibah itu. Bus dan kendaraan lain milik korban telah diperiksa dan diamankan di Mapolres Bontang.

Melihat kontur badan jalan yang memiliki elevasi sekira 30-40 derajat, Imam Safi’i mengakui bahwa lokasi itu memang rawan terjadi kecelakaan. Usai penutupan jalan sementara, memang terjadi pro kontra di publik. Utamanya soal jauhnya lokasi putar balik yang disepakati forum LLAJ Kota.

“Namanya juga uji coba. Pro kontra pasti ada. Namun ini semua kami lakukan demi kebaikan bersama,” pungkasnya.  (dik/adv)

Leave A Reply

Your email address will not be published.