Komisi II Sorot Turunnya Kelas RSUD Taman Husada, Ini Jawaban Pihak Rumah Sakit

Komisi II saat rapat bersama RSUD Taman Husada.

SELISIK.ID, Bontang – Komisi II Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Bontang menggelar kunjungan kerja ke RSUD Taman Husada, Kamis (28/11/2019).

Rombongan yang dipimpin Ketua Komisi II Rustam ini ingin menanyakan penurunan kelas rumah sakit plat merah tersebut.

Rustam menuturkan, pihaknya datang untuk meminta pertanggungjawaban pihak rumah sakit. Sebab sedikit banyak operasional RSUD Taman Husada itu bersumber dari APBD Bontang. Oleh karena itu, harus ada pertanggungjawaban publik dilakukan. Karena banyak kritik dan pertanyaan publik soal penurunan kelas ini.

“Kami bangga dengan RSUD Taman Husada Bontang, tapi bagaimana pun kami harus menanyakan soal ini (turunnya kelas RSUD, Red) karena banyak pertanyaan warga dan jangan sampai ini menjadi polemik,” ucapnya saat rapat bersama pihak RSUD Taman Husada.

Sementara, Wakil Direktur Pelayanan RSUD Taman Husada Bontang drg Toetoek Pribadi Ekawati menjelaskan penurunan kelas ini lantaran adanya standardisasi baru dari Kemenkes bukan karena pelayanan kurang.

Pihaknya mengklaim layanan rumah sakit selalu prima. Hanya saja terdapat beberapa indikator terbaru yang membuat RSUD harus turun kelas.

“Ada standardisasi terbaru Kemenkes yang membuat kami turun kelas,” jelasnya.

Usai diskusi bersama Komisi II DPRD Bontang, Direktur RSUD Taman Husada, dr I Gusti Made Suardika menuturkan, akibat penurunan kelas rumah sakit dari B ke C mengakibatkan lonjakan pasien. Sebab pasien bisa langsung di rujuk ke RSUD Taman Husada tanpa melalui rumah sakit lain yang sebelumnya bertipe lebih rendah.

“Kan rujukan berjenjang. Dari bawah ke atas. Karena sekarang sudah turun ke C, jadi masyarakat sudah bisa dirujuk ke kami [RSUD Taman Husada],” terangnya.

dr I Gusti Made Suardika menaksir, peningkatan pelanggan rumah sakit berkisar 20 persen. Ditinjau dari sisi pasien, mereka cukup diuntungkan. Namun dari sisi rumah sakit, mereka harus kerja ekstra sebab pasien meningkat. (adv/ver)

Leave A Reply

Your email address will not be published.