Komisi I Minta Lurah Guntung Inventarisasi Data Korban Kebakaran 2008

SELISIK.ID, Bontang – Komisi I DPRD Bontang mendesak lurah Guntung menginventarisasi data korban kebakaran di Bantaran Sungai Guntung 2008 silam.

Hal itu merupakan tindak lanjut pertemuan antara komisi I dengan Dinas Pemukiman, Kawasan Perumahan dan Pertanahan (DPKPP) Bontang soal pemilik rumah yang belum jelas statusnya, di permukiman yang saat ini dihuni oleh korban kebakaran.

“Hasil rapat kami Desember lalu akan diinventarirasi. DPKPP belum bisa bertindak, karena belum ada data dari kelurahan,” kata Agus Haris, Senin (25/2/2019).

Selain itu, lanjut Politisi Partai Gerindra ini menyampaikan, dengan data tersebut juga mempermudah DPKPP jika suatu saat ada hibah dari pemerintah pusat melalui Provinsi Kaltim ke Kota Bontang.

“Setelah diterima Pemkot Bontang, selanjutnya mengalihfungsikan untuk tukar guling dari tanah mereka (korban) yang sebelumnya di bantaran sungai dan eks kebakaran,” ucapnya.

Dia menyebut, pihaknya bersama DPKPP sudah mengkaji undang-undang yang mengatur soal pengalihan itu. Dari pusat ke masyarakat tidak dibolehkan. Akan tetapi pusat melalui provinsi bisa dihibahkan ke Kota Bontang untuk selanjutnya diserahkan ke masyarakat.

“Setelah proses itu akan mendapatkan rumah itu secara utuh. Makanya korban ini resah. Sudah sepuluh tahun lebih tidak ada penyelesaian. Awalnya mereka ingin tinggal di pemukiman bantuan dari Provinsi Kaltim itu karena dijanjikan mau tukar guling,” terangnya.

Sementara itu, Lurah Guntung Ida Idris menyampaikan, pihaknya sudah memiliki data korban eks kebakaran itu. Nantinya akan diserahkan jika ada rapat pertemuan dengan komisi I serta DPKPP Bontang.

“Data sudah ada. Tapi yang menangani soal ini sedang umrah. Tapi pasti kami serahkan nanti,” ucapnya kepada awak media usai menerima kunjungan komisi I.

Diketahui, setidaknya terdapat 30 Kepala Keluarga (KK) yang menjadi amukan api 2008 silam di bantaran sungai Guntung.

Mereka kini tinggal di pemukiman bantuan Pemprov Kaltim, di Jalan Tari Enggang RT 15 Kelurahan Guntung. (*)

Reporter: Veri

Leave A Reply

Your email address will not be published.