Kemarau, Kelompok Tani Binaan DKP3 Panen 20 Ton Semangka

SELISIK.ID, Bontang – Di tengah musim kemarau saat ini, Kelompok Tani Sukses Bersama binaan Dinas Ketahanan Pangan, Perikanan, dan Pertanian (DKP3) Bontang berhasil memanen 20 ton semangka di Nyerakat Kiri, Bontang Lestari belum lama ini.

Kasi Pertanian Tanaman Pangan, Holtikultura, dan Perkebunan DKP3 Bontang Yoga Saputra mengungkapkan, meski kemarau, kelompok tani binaan mereka masih bisa memanen semangka sekira 1 hektare dari 3 hektare lahan yang ditanami. Itu dikarenakan Pemkot melalui DKP3 terus melakukan pembinaan dan melengkapi sarana dan prasarana mereka. Dengan memberikan bantuan berupa alat dan mesin pertanian (Alsintan).

“Belum lama ini, kami (DKP3, Red) baru membuatkan sumur bor umum untuk kelompok tani di Nyerakat kiri tersebut,” ungkap Yoga saat ditemui di ruangannya Kantor DKP3 Bontang, Senin (30/9/2019).

Yoga mengatakan, tujuan DKP3 khususnya di bidang pertanian adalah meningkatkan produktivitas, meningkatkan daya saing lokal, dan dapat berswasembada. Dengan harapan pula produk lokal nantinya dapat bersaing di pasaran.

“Jadi bukan hanya sayur-sayuran dan buah-buahan dari luar lagi, tetapi lokal pun bisa bersaing untuk pasokan di pasar,” harapnya.

Dia menambahkan, selama ini pihaknya sudah membina sebanyak 32 kelompok tani. Ia pun berharap mereka dapat terus berkembang.

“Tak hanya satu kelompok. Seluruh kelompok yang sudah masuk dalam pembinaan DKP3 Pasti dibantu,” tutupnya. (ver/adv)