Erau Pelas Benua Bakal Dihadiri Sultan Kertanegara

Pelaksanaan Erau Pelas Benua Guntung tahun lalu.

SELISIK.ID, Bontang – Pelaksanaan Erau Pelas Benua Bontang yang diselenggarakan 3 hingga 8 September 2019 bakal berlangsung meriah.

Karena selain prosesi adat Kutai yang kental, salah satu kemeriahan yang tersaji nantinya adalah dengan hadirnya Sultan Kertanegara Ing Martadipura XXI Adji Muhammad Arifin.

Penanggung Jawab Panitia Erau Pelas Benua Bontang Ismail mengungkapkan, erau kali ini yang mengusung tema “Bontangku Bontangmu Bontang Kita Semua” diusahakan akan berjalan sebaik mungkin.

Maka dari itu, sultan dipastikan hadir dalam acara kali ini. Di mana  sebelumnya setiap acara hanya dihadiri putra mahkota

“Kami pastikan Sultan Kertanegara yang jauh di sana akan hadir di tengah-tengah masyarakat,” ungkapnya, Senin (2/9/2019).

Pria yang juga Ketua Adat Kutai Bontang ini mengaku, untuk menambah kemeriahan, selain menggelar lomba olahraga tradisional, seperti sumpit, gasing, belogo, dan ditambah eksibisi bemamai (ngoceh ala warga Kutai).

Ada juga lomba Kesenian seni daerah lokal antar kelurahan. Yakni, Tari Jepen kreasi dan lomba menyanyikan lagu daerah khususnya Kutai.

“Selain melestarikan budaya, acara ini dalam rangka menjalin silaturahmi dengan mendekatkan pemerintah, masyarakat, dan sultan,” tuturnya.

Dia pun berupaya ke depan
akan mewujudkan Guntung menjadi Kampung Kutai. Dengan merevitalisai kawasan di sana dengan bangunan-bangunan khas Kutai.

“Kami berharap stakeholder dapat mendukung adanya museum kebudayaan Kutai ada di Guntung. Supaya dapat menjadikan Guntung menjadi objek wisata, seperti yang ada di Museum Tenggarong sana,” pungkasnya. (ver)