DPRD: Tindak Tegas yang Parkir di Badan Jalan

SELISIK.ID, Bontang – Usulan menindak tegas kendaraan yang parkir di sembarang tempat disampaikan Komisi III DPRD Bontang saat membahas raperda inisiatif pemerintah bersama Tim Asistensi Pemkot Bontang, di Sekretariat DPRD Bontang Jalan Moeh Roem, Senin (2/3/2020).

Hal itu diharapkan bisa tertuang dalam dalam Rancangan Peraturan Daerah Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (Raperda LLAJ).

Anggota DPRD Bontang Faisal mengatakan masih banyak kendaraan yang diparkir di badan jalan. Hal ini dapat mengganggu laju jalan pengendara, sekaligus juga membahayakan pengguna jalan lainnya.

“Mudah-mudahan dalam pembahasan ini masuk bagaimana di pinggir jalan itu tidak ada lagi parkir sembarangan,” ucap politisi Partai NasDem ini.

Hal senada disampaikan anggota DPRD lainnya, Astuti. Ia menyebut masih ada pengendara yang parkir di pinggir jalan. Terutama di kawasan Jalan R Suprapto Kelurahan Bontang Baru, Kecamatan Bontang Utara. Tepatnya di sekitar lampu lalu lintas.

Dengan begitu laju pengendara yang lain terganggu, sehingga harus berhenti di rambu itu hingga sekurangnya dua kali. “Saya sering agak kesal kalau lewat situ,” keluhnya.

Anggota dewan juga menyayangkan masih ada yang memarkirkan kendaraannya di trotoar. Padahal, trotoar diperuntukkan bagi para pejalan kaki. Selain itu, parkir di atas trotoar juga dapat merusak trotoar, terlebih beberapa kawasan yang trotoarnya sudah dilengkapi keramik.

Sementara itu Kepala Bidang Lalu Lintas dan Angkutan Dinas Perhubungan (Dishub) Bontang Ikhwan Agus menerangkan, semua hal yang disampaikan sudah masuk dalam raperda tersebut.

Seperti jalur pejalan kaki, jalur sepeda dan jalur kendaraan bermotor, serta tentang parkir. “Sudah dimasukkan,” tegasnya. (dik/adv)


Leave A Reply

Your email address will not be published.