DPRD Gerak Cepat, Respons Kabar Pembangunan Kilang Dipindah

SELISIK.ID, Bontang – Komisi II DPRD Bontang merespons cepat kabar pengalihan pembangunan kilang dari Bontang.

“Kami kaget setelah mendapat kabar dari media sosial dan surat kabar bahwa akan pindah ke Sumatera,” ungkap Ketua Komisi II DPRD Bontang, Rustam, Senin (9/3/2020).

DPRD pun langsung mengadakan rapat koordinasi dengan Pemkot Bontang melalui tim percepatan pembangunan kilang Bontang. Seperti, Dinas Penamanan Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM-PTSP), Badan Perencanaan, Penelitian dan Pengembangan (Bapelitbang) dan Bagian Hukum Pemkot Bontang, kecamatan, serta kelurahan.

Rustam meminta semua elemen yang terlibat berkoordinasi dengan baik. Hal itu penting dilakukan untuk meyakinkan agar pembangunan kilang tidak pindah.

Sementara penyusunan Peraturan Daerah (Perda) tentang Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) sudah rampung dilakukan dewan. Yang di dalam RTRW tersebut menyatakan Kelurahan Bontang Lestari sebagai kawasan industri.

“Kami genjot. Kalau kemarin kecepatannya hanya 100 km per jam, ini harus 1.000 km per jam. Kalau enggak ini akan hilang. Apa lagi ini ada sinyal (isu pindah kilang, Red.),” ucapnya.

Sementara itu Kepala DPM-PTSP Bontang, Puguh Harjanto menyebut akan melakukan berbagai langkah memastikan pembangunan kilang tetap dilakukan di Bontang.

“Sejak pertengahan Februari, Bapelitbang sudah meminta bertemu dengan Pertamina saat isu ini berhembus. Namun sayang belum ada jawaban,” ujar Puguh.

Pihaknya pun ingin melakukan klarifikasi kepada Pertamina terkait isu pemindahan kilang tersebut. Termasuk ingin mengetahui tahapan sejauh ini dan proses bisnis dengan investor yang baru. Puguh juga berharap Pemkot Bontang bisa dilibatkan agar bisa memonitor proses itu sesuai rencana. (dik/adv)

Leave A Reply

Your email address will not be published.