Dorong Inovasi B2SA dengan Gelar Festival Pangan Lokal

SELISIK.ID, Bontang – Dinas Ketahanan Pangan, Perikanan dan Pertanian (DKP3) Bontang menggelar Festival Pangan Lokal Beragam, Bergizi, Seimbang, dan Aman (B2SA), di Aula Taman 3 Dimensi, Jalan Awang Long, Selasa (23/2/2019).

Kegiatan yang bekerja sama dengan TP PKK Bontang ini diikuti 15 peserta terdiri dari TP PKK dari 15 kelurahan dan TP PKK dari 3 kecamatan.

Kepala DKP3 Aji Erlynawati menjelaskan, tujuan kegiatan tersebut digelar untuk meningkatkan pemahaman masyarakat dalam penerapan prinsip B2SA dengan memanfaatkan olahan pangan lokal.

Serta mendorong kreativitas dan inovasi dalam pengembangan olahan pangan lokal yang bernilai komersial.

“Sumber pembiayaan dari kegiatan ini adalah APBD Bontang tahun 2019,” terangnya.

Dia memaparkan, mekanisme penilaian dalam festival ini mencakup dua aspek. Pertama, penilaian terhadap dokumen yang dikirim ke panitia serta paket lengkap lunchbox B2SA (non beras non terigu).

Kedua dari penilaian display meliputi keseimbangan porsi dan keberagaman antara kelompok pangan, cita rasa, kreativitas pengolahan, penyajian yang bernilai komersial.

Ditambahkan Erlynawati, adapun tim juri festival tersebut, yakni dari Persatuan Ahli Gizi (Persagi) Bontang, ahli tata boga dari ICHA Bontang, dan ahli teknologi pengolahan pangan dari DKP3.

“Untuk festival tingkat kota ini, bagi yang menjadi juara I akan mewakili Bontang menuju  ke tingkat Provinsi Kaltim pada Agustus mendatang di Samarinda,” tutupnya. (ver/adv).

Leave A Reply

Your email address will not be published.