DKP3 Sosialisasi Asuransi Mandiri untuk Nelayan

DKP3 bekerjasama dengan BPJS Ketenagakerjaan melakukan sosialisasi asuransi mandiri ke kelompok nelayan.

SELISIK.ID, Bontang – Dinas Ketahanan Pangan, Perikanan dan Pertanian (DKP3) menggelar sosialisasi asuransi yang diperuntukkan bagi nelayan, di Jalan Cerita RT 11 Kelurahan Berbas Pantai, Jumat (13/9/2019).

Dalam kegiatan yang diikuti empat kelompok nelayan ini, DKP3 menggandeng BPJS Ketenagakerjaan.

Kasi Perikanan Tangkap DKP3 Idhamsyah mengatakan, sosialisasi ini sengaja dilakukan untuk memberikan pemahaman kepada nelayan betapa pentingnya mengikuti asuransi ketenagakerjaan mengingat kerja nelayan sangat berbahaya.

Dalam penyuluhan dan sosialisasi juga dijelaskan jaminan asuransi yang didapat nelayan dan premi yang harus dibayar.
“Ini sangat penting bagi nelayan jadi baiknya nelayan dapat turut serta dalam program ini,” terangnya.

Sementara itu, Tim Kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan Bontang, Marlan iffendy Muhaling mengatakan, keikutsertaan sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan banyak memberikan manfaat, seperti memberikan Jaminan Hari Tua (JHT), Jaminan Kematian (JKM), Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK).

Ditambahkan Iffendy, para nelayan dapat mengikuti program BPJS Ketenagakerjaan secara bertahap dengan memilih program sesuai dengan kemampuan dan kebutuhan peserta.

Sejatinya BPJS Ketenagakerjaan sudah bekerjasama dengan dua rumah sakit di Bontang, yakni RSUD Taman Husada Bontang dan RS Pupuk Kaltim.

Selain itu peserta juga dapat ke rumah sakit lain yang tidak bekerjasama dengan membawa kwitansi pembayaran dan mengklaim ke BPJS Ketenagakerjaan untuk diganti. 

“Calon peserta dapat mendaftar sendiri langsung ke Kantor Cabang BPJS Ketenagakerjaan atau mendaftar melalui outlet atau Dinas DKP3 yang telah bekerjasama dengan BPJS Ketenagakerjaan Bontang,” terangnya. (adv/ver)
 

Leave A Reply

Your email address will not be published.