DKP3 Mulai Beri Label Hewan Kurban

Tim anthem mortem DKP3 saat memeriksa hewan kurban.

SELISIK.ID, Bontang – Menjelang Iduladha, Dinas Ketahanan Pangan, Perikanan, dan Pertanian (DKP3) Bontang getol memberikan label pada hewan kurban, Selasa (6/8/2019).

Kegiatan tersebut dipimpin langsung Kepala DKP3 Bontang Aji Erlynawati didampingi Kabid Peternakan Eddy Forestwanto bersama tim pemeriksa hewan ternak (anthemortem) guna menyatakan hewan tersebut layak dan sehat.

Aji Erlynawati menjelaskan, seluruh ternak yang telah dilabeli hari ini dinyatakan sehat dan layak dijadikan hewan kurban. Itu bisa dipastikan karena pihaknya yang memeriksa langsung ke seluruh penampungan hewan ternak yang  ada di Bontang.

Wanita karib disapa Iin ini menambahkan, tentunya tak mudah memberikan label layak tersebut. Karena harus melewati beberapa tahapan pemeriksaan dari tim DKP3.


Baik itu melihat kondisi fisik hewan yang akan dijadikan kurban. Hingga pengecekan pada kaki, hidung, gigi, telinga hingga bulu pada hewan.

“Setelah ini, hewan tak langsung diberikan pada masyarakat. Karena nanti ada tim pemeriksaan post mortem atau pasca pemotongan. Itu dilakukan untuk memastikan daging hewan kurban aman dikonsumsi,” tutupnya. (adv/ver)