DKP3 Bontang Ingin Petani Hindari Penggunaan Pupuk Kimia

Sosialisasi yang dilakukan DKP3 Bontang kepada petani tentang pertanian ramah lingkungan tanpa pupuk kimia.


SELISIK.ID, Bontang – Dinas Ketahanan Pangan, Perikanan, dan Pertanian (DKP3) Bontang gencar sosialisasikan pertanian sehat ramah lingkungan pada kelompok tani di Bontang.

Hal tersebut guna mengurangi praktik penggunaan pupuk kimia yang menyebabkan kemerosotan kesuburan tanah dan kandungan organik.

Kabid Ketahanan Pangan DKP3 Bontang Debora Kristiani mengatakan, saat ini pihaknya gencar sosialisasi petani di Bontang. Dengan harapan, semua komoditas baik sayuran atau buah-buahan di Bontang tidak ada lagi yang mengandung bahan kimia.

“Prinsipnya, pertanian sehat ramah lingkungan adalah pertanian yang mempertahankan kesuburan tanah dan produktivitas tanah, menciptakan konservasi tanah, dan mengurangi degradasi tanah,” jelasnya jumat (15/11/2019).

Debora menjelaskan pertanian organik semakin berkembang saat ini. Hal itu menunjukkan adanya kesadaran petani dan berbagai pihak yang bergelut di sektor pertanian mengetahui pentingnya kesehatan dan keberlanjutan lingkungan.

“Salah satu kunci terciptanya pertanian yang sehat adalah tersedianya tanah yang subur sehingga akan menghasilkan pangan sehat dan akan menghasilkan manusia yang sehat juga,” tutupnya. (adv/ver)

Leave A Reply

Your email address will not be published.