DKP3 Bontang Dukung Baznas Kelola Zakat ASN

Sosialisasi Perwali zakat dan Baznas Bontang di Kantor DKP3.

SELISIK.ID, Bontang – Dinas Ketahanan Pangan, Perikanan, dan Pertanian (DKP3) Bontang mendukung program pengelolaan zakat bagi Aparatur Negeri Sipil (ASN). Hal tersebut sesuai pula peraturan wali kota (Perwali) Bontang Nomor 19 Tahun 2019.

Kepala DKP3 Bontang Aji Erlynawati menuturkan perwali yang dikeluarkan dari hasil kajian Pemkot dan DPRD Bontang ini dinilai sangat baik dan bermanfaat bagi para ASN untuk mengeluarkan zakatnya tepat waktu.

Tentu seluruh staf baik yang berstatus Pegawai Negeri Sipil (PNS) maupun non-PNS menyetujui akan terbitnya perwali ini.
“Respons di sini sangat baik, bahkan mereka menanyakan kapan bisa segera dipotong agar kewajiban mereka menyisihkan hartanya bagi yang kurang mampu dapat segera dilaksanakan,” katanya, Senin (16/9/2019) saat sosialisasi bersama Baznas.

Sementara, Kepala Baznas Bontang Kuba Siga mengatakan bahwa, dalam Perwali Nomor 19 tahun 2019 dijelaskan seluruh ASN sudah wajib dipotong untuk dikeluarkan zakatnya sesuai payroll sistem, sehingga saat sudah menerima gaji maupun Tunjangan Penghasilan Pegawai (TPP) akan langsung dipotong.

“Kalau dulu masih memerlukan persetujuan dari muzakki, sekarang setelah terbitnya perwali maka akan langsung dipotong sesuai dengan ketentuan yang ditetapkan yakni 2,5 persen,” terangnya, Senin (16/9/2019).

Dijelaskan Kuba Siga, setelah diterbitkannya perwali terkait zakat, infak dan sedekah beberapa waktu lalu. Ia langsung melakukan sosialisasi kepada Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkup Pemerintah Kota (Pemkot) Bontang, hal ini dilakukan agar para Aparatur Sipil Negara (ASN) memahami bahwa pemerintah telah mengesahkan Perwali Zakat, Infak dan Sedekah yang dikhususkan untuk pegawai Pemkot Bontang. (adv/ver)

Leave A Reply

Your email address will not be published.