Diduga Resahkan Petani Rumput Laut, Dewan Panggil Indominco

SELISIK.ID, Bontang– Komisi III DPRD Bontang menggelar Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan PT Indominco Mandiri (IMM) terkait rencana pengerukan alur di pelayaran dan pelabuhann.

Kegiatan digelar di Ruang Rapat Sekretariat DPRD Kota Bontang, Jalan Bessai Berinta, Kelurahan Bontang Lestari, Selasa, (2/4/2019).

Wakil Ketua Komisi III DPRD Bontang Suhud Harianto menanyakan kebenaran kabar soal akan dilakukannya kegiatan pengerukan oleh PT IMM. Menurutnya, kegiatan pengerukan tersebut cukup meresahkan para petani rumput laut dan nelayan.

“Kalau ingin melakukan pengerukan harus koordinasi agar kami bisa menyampaikan kepada masyarakat kapan akan dilakukan pengerukan, agar mereka tidak resah,” ujar Suhud.

Suhud berharap, melalui RDP jauh hari sebelum dilaksanakan kegiatan pengerukan tersebut dilakukan koordinasi dengan komisi III untuk mengantisipasi keluhan-keluhan yang timbul dari masyarakat atas kegiatan tersebut. Sehingga nantinya kegiatan tersebut dapat berjalan dengan lancar tanpa adanya hambatan.

Abdul Hamid mewakili PT IMM mengatakan, untuk 2019 PT IMM sama sekali tidak memiliki rencana untuk melakukan pengerukan alur pelayaran dan pelabuhan.

Pihaknya melakukan pengerukan bergantung pada sedimentasi dan biasanya untuk pengerukan tersebut mereka lalukan dalam jangka waktu 5 tahun sekali.

“Kami lakukan pengerukan terakhir pada tahun 2017. Maka kemungkinan pengerukan selanjutnya akan dilakukan pada tahun 2022,” pungkasnya. (*)

Reporter: Veri Sakal

Leave A Reply

Your email address will not be published.