Dewan Soroti Parkir Liar, Sebut Perwali Cukup untuk Menindak

 

SELISIK.ID, Bontang – Permasalahan parkir di Kota Bontang disorot anggota dewan. Ketua Komisi III DPRD Bontang Amir Tosina mengatakan, Perwali Nomor 20 Tahun 2019 tentang penyelenggaraan perparkiran sudah menuliskan sanksi untuk pengendara yang parkir sembarangan.

Dinas Perhubungan (Dishub), menurut Amir sudah bisa melakukan penindakan berdasarkan aturan itu. DPRD Bontang diketahui masih menggodok usulan Peraturan Daerah (Perda) khusus aturan perparkiran dari Dinas Perhubungan (Dishub) Bontang.

“Aturan wali kota telah disahkan tahun lalu. Sudah cukup kuat untuk melakukan penindakan. Jangan tunggu perda,” ujarnya, Senin (16/3/2020).

Dia menerangkan, penindakan berupa penderekan dan pengempisan ban sudah dianggap cukup untuk membuat warga jera parkir sembarangan. Karena itu, dia minta agar dishub dapat bertindak tegas dan juga konsisten dalam penindakan.

“Jangan sampai nanti terjadi kecelakaan baru bertindak,” ucapnya.

Terkait usulan pemberian ruang untuk parkir, Amir menyebut juga masih dalam pembahasan. Aturan lokasi parkir memang tidak tertera di Perwali.

Sementara solusi pembuatan kantong parkir akan dibicarakan oleh pihaknya sekaligus pembahasan titik parkir di Jalan Ahmad Yani. “Nanti akan cari solusinya untuk menanggulangi masalah ini,” sebutnya. (*/dik/adv)


Leave A Reply

Your email address will not be published.