Cegah Penyebaran Nyamuk Penyebab DBD, Tanjung Laut Di-Fogging

Petugas saat melakukan fogging.

SELISIK.ID, Bontang – Guna mencegah potensi demam berdarah dengue (DBD), wilayah Tanjung Laut, Kecamatan Bontang Selatan di-fogging massal, Jumat (20/9/2019) hingga Sabtu (21/9/2019).

Kegiatan bekerja sama dengan Dinas Kesehatan (Dinkes) Bontang ini dimulai sejak pukul 06.00 Wita hingga 09.00 Wita.
Kemudian dilanjut lagi mulai pukul 16.00 Wita hingga 18.00.

Lurah Tanjung Laut Azidah menuturkan, kegiatan fogging massal ini merupakan tindaklanjut dari instruksi Wali Kota Bontang Neni Moerniaeni tentang pengendalian serentak DBD pada tahun ini.

Untuk itu, pihaknya meminta agar ketua RT, takmir masjid maupun kepala sekolah bisa menyampaikan ke masyarakat sekaligus mengimbau agar dapat membuka pintu dan jendela rumah pada dua hari saat pelaksanaan fogging ini.

“Walau hanya dua hari, kami upayakan seluruh RT di Tanjung Laut dapat di fogging,” tuturnya.

Azidah menuturkan, sebelum fogging, Diskes dan Puskesmas Bontang Selatan I sudah mengambil sampel jentik nyamuk. Dari hasil tersebut masih 65,12 persen.

Maka dari itu, usai fogging dua siklus ini. Pihaknya akan melakukan larvasida atau pemberian bubuk abate, kemudian dilanjut pada Minggu-nya kerja bakti massal seluruh RT.

“Harapan kami setelah semua upaya itu dilakukan wilayah Tanjung Laut bisa mencapai 90 persen bebas jentik nyamuk,” pungkasnya. (ver)

Leave A Reply

Your email address will not be published.