BLT Tahap Kedua, Diskop-UKMP Monitoring Harga di Sejumlah Toko

SELISIK.ID, BONTANG – Memasuki penyaluran Bantuan Langsung Tunai (BLT) tahap kedua, Dinas Koperasi, Usaha Kecil Menengah dan Perdagangan (Diskop-UKMP) melakukan monitoring harga bahan pokok di toko-toko di setiap kelurahan di Bontang.

Sejak Senin (18/5/2020) hingga Selasa (19/5/2020) pihaknya bersama tim bergerak untuk mengetahui harga di setiap toko.

Kepala Dinas Diskop-UKMP Asdar Ibrahim mengatakan, monitoring untuk mengetahui harga bahan pokok mulai dari beras, telur, gula pasir, bawang dan bumbu-bumbu.

“Besok di kantor Disporapar Bontang, akan dilakukan rapat dengan tim kota untuk mengevaluasi seluruh standar bahan pokok yang ingin disalukan di BLT tahap kedua. Sifatnya untuk menentukan harga bahan pokok dan kesepakatan,” ungkap Asdar.

Mantan Camat Bontang selatan itu menuturkan, dalam penentuan toko, pihaknya bekerja sama dengan lurah untuk menentukan toko yang dipilih di setiap lingkungan RT dalam penyaluran BLT. “Dan tahap ketiga nantinya akan dilakukan bergiliran seperti di tahap kedua,” terangnya.

Dari hasil survei, terdapat perbedaan harga di setiap toko. Tetapi, kata dia, itu tidak menjadi persoalan. Mengingat, secara hukum ekonomi itu wajar. “Di Telihan ada 9 toko. Kita sampling ada lima saja. Selisih Rp 2 ribu sampai Rp 3 ribu saja. Rata-rata toko membeli di distributor baru dijual lagi ke konsumen,” bebernya.

Terkait mengapa penyaluran BLT di toko-toko di lingkungan RT, Asdar menyebut untuk memberdayakan ekonomi kerakyatan bagi pelaku usaha. Selain itu, kata dia, untuk mematuhi protokol Covid -19 dengan menghindari keramaian warga saat mengambil sembako. “Mereka akan menggunakan uang Rp 300 ribu,” ucapnya. (*)

Reporter: Mawan

Leave A Reply

Your email address will not be published.