Berbekal Ilmu Hitam, 25 Unit Motor Berhasil Diembat

SELISIK.ID, BONTANG – Nuryadi Supriyanto  (40) berhasil diamankan tim reskrim Polres Bontang 2 Mei lalu, setelah berhasil menggelapkan 25 unit motor di Bontang dan Kutai timur.

Hal ini diungkapkan Kapolres Bontang AKBP Boyke Karel Wattimena saat konfrensi pers di Kantor Polres Bontang Jalan Bhayangkara Kelurahan Gunung Elai, Kecamatan Bontang Utara Senin (11/5/2020).

Dalam melakukan aksinya, pelaku menggunakan modus menyakinkan korban. Salah satunya  mendatangi bengkel dan meminjam motor ke pemilik bengkel, dengan alasan motor yang dimilikinya sedang rusak. Setelah mendapat dengan mudah, pelaku langsung membawa kabur. “Modus lainnya itu nginap di rumah korban. Padahal tidak saling kenal. Setelah korban tertidur. Motor dibawa kabur,”terangnya.

Sejak 2016 berbekal mengamalkan ilmu hitam, pria kelahiran Jatim itu berhasil menggelapkan 25 unit. Di Bontang 8 unit motor, dengan tiga lokasi berbeda. Sedangkan di Kutim 17 motor.

“Kasus ini terungkap adanya warga loktuan yang melapor kehilangan roda dua.Dan kami langsung melakukan pengembangan,” bebernya.  

Polisi berpangkat melati dua ini menjelaskan, pelaku merupakan residivis 2009 dan 2014 dengan kasus yang sama. Dengan kurungan masing -masing satu tahun. 

Kata dia, dengan hasil kejahatan yang dilakukan, saat ini pelaku di jerat pasal 372 KUHP pidana kurungan paling 4 tahun. “Kami mengimbau untuk kepada masyarakat untuk tidak langsung percaya kepada orang yang tidak dikenal,”ungkapnya.

Sementara itu, Nuryadi Supriyanto membenarkan  dirinya menggunakan ilmu hitam untuk melancarkan aksinya. Kata dia, sejak 2014 ilmu tersebut sudah dimilikinya. Tetapi diperuntukkan untuk kebal saja. “ Awal mengunakan ilmu itu di Kalsel 2016 lalu,”ucapnya.

Dirinya bercerita ilmu tersebut digunakan untuk kekebalan saja. Tetapi dirinya salah mengamalkan. Sehingga ilmu itu menjadi tipu daya. “Saya tobat sudah. Ilmu itu sudah saya buang,”katanya. (mau/dik)