Belum Cukup Umur, Dilarang Kendarai Motor ke Sekolah

SELISIK.ID, Bontang – Kapolres Bontang melalui Kepala Satuan Lalu Lintas (Kasatlantas) AKP Angga Indarta mengimbau para orang tua tidak memberikan sepeda motor kepada anak yang masih di bawah umur.

Upaya tersebut dilakukan guna mencegah terjadinya kecelakaan lalu lintas (Lakalantas) sedini mungkin pada generasi muda.

Dikatakan Angga, agar kecelakaan tidak terjadi, yang tentunya bisa merugikan diri sendiri bahkan menimpa orang lain. Baiknya para orang tua tidak memberikan sepeda motor kepada anak mereka yang masih bersekolah atau di bawah umur.

Sebab stabilitas emosionalnya saat berkendara belum stabil, belum lagi harus ditilang karena masuk dalam 7 pelanggaran prioritas, yakni masih di bawah umur dan tentunya mereka tidak memiliki Surat Izin Mengemudi (SIM) C.

“Lebih baik si anak diantar orang tuanya atau berangkat sendiri menggunakan sepeda gowes ke sekolah,” tuturnya, saat ditemui di ruangannya, Jumat (26/7/2019).

Diungkapkan Angga, terkait hal tersebut sebenarnya pihaknya sudah rutin memberikan sosialisasi ke sekolah-sekolah. Namun, semua itu dikembalikan lagi pada si anak. Sejatinya, imbauan itu disampaikan untuk keselamatan bersama. Tetapi bila tidak tanggapi, tentu bahaya bisa ditanggung sendiri.

 “Kalau dia jatuh sendiri, mending. Yang ditakutkan jangan sampai jatuh malah nabrak orang lain yang tidak tahu apa-apa malah ikut kena musibah juga,” ucapnya.

Dia menambahkan, untuk mengurangi itu, pihaknya setiap pagi rutin menegur bila ada anak yang ke sekolah tidak patuh berlalu lintas. Bahkan dengan kecanggihan teknologi saat ini, pihaknya bisa menegur hanya dengan menggunakan aplikasi e-teguran, yakni dengan melihat nomor polisi (nopol) pengendara yang tak patuh saat berkendara.

“Kalau fatal baru kami tilang, ada fase-fasenya dalam aplikasi ini, sampai orang itu ditilang,” pungkasnya. (ver)

Leave A Reply

Your email address will not be published.