Bapelitbang Gelar Rakor Penyusunan Aksi Penguatan SIDa

SELISIK.ID, Bontang – Badan Perencanaan, Penelitian dan Pengembangan (Bapelitbang) Bontang menggelar rapat koordinasi (Rakor) penyusunan aksi penguatan Sistem Inovasi Daerah (SIDa), di ruang rapat Bapelitbang Bontang,  Kamis (18/7/2019).

Kepala Sub Bidang Data, Penelitian, dan Pengembangan Bapelitbang Bontang, Noni Agetha menjelaskan, rapat tersebut merupakan road map dari tahun lalu. Itu dilakukan agar Bontang ke depan mempunyai daya saing pasca migas.

Hal tersebut mengacu pula pada peraturan kementerian riset, tekonologi dan pendidikan tingga (Ristekdikti) menteri dalam negeri nomor 3 dan 36 tahun 2012 tentang sistem inovasi daerah.

“Jadi ini merupakan tahap pertama, penyusunan road map pada 2018, tahun ini baru lah kami menyusun SIDa,” jelasnya.

Noni menuturkan, dari hasil road map, produk unggulan yang akan dioptimalkan produksi dan pemasarannya adalah rumput laut, sektor perikanan dan olahannya serta pariwisata maritim. Itu dilakukan agar Bontang ke depan bukan hanya dikenal dengan dua perusahaan saja, tetapi dikenal pula dari segi produk atau pariwisata.

“Hasil ini akan disinkronkan dengan RPJMD untuk mendukung visi misi Kota Bontang,” pungkasnya.

Dalam rapat yang dipimpin Sekretaris Bapelitbang Bontang Zammy Hasz tersebut dihadiri perwakilan tiga kecamatan, Dinas Penanaman Modal, Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM-PTSP), Dinas Pemuda, Olahraga, dan Pariwisata (Dispopar), Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian, dan Perikanan (DKP3), dan dosen. (ver)

Leave A Reply

Your email address will not be published.