Andi Faiz Minta Bantuan Diberikan ke Semua Warga

BONTANG — Pandemi Covid-19 berimbas pada pelemahan ekonomi di seluruh sektor. Hal ini menyebabkan semua warga terdampak efek pandemi tersebut. Sebab itu Ketua DPRD Bontang, Andi Faizal Sofyan Hasdam meminta pemerintah menyalurkan bantuan dana stimulan kepada seluruh warga.

Penyaluran bantuan tersebut tak terkecuali bagi masyarakat tak mampu saja. Melainkan bantuan juga harus diberikan kepada semua warga, sebab imbas Covid-19 dirasakan menyeluruh lapisan.

Ia berpendapat, masyarakat golongam mampu tentu malu apabila menerima bantuan sembako. Alhasil, bantuan tersebut bisa dialihkan kepada masyarakat yang kurang mampu.

“Pasti malu juga lah orang-orang mampu kalau dikasih, nanti dia minta supaya diberikan ke yang lain (belum mampu),” ujar Andi Faiz.

Di samping itu, bagi masyarakat miskin yang masuk dalam penerima Program Keluarga Harapan (PKH) pun bisa menikmati bantuan dari daerah.

Bantuan stimulan dari pemerintah pusat hanya berbentuk Bantuan Non Tunai (sembako). Padahal pada kondisi saat ini, bantuan bagi warga miskin sangat dibutuhkan.

Untuk itu, ia meminta pemerintah juga menyalurkan bantuan tunai bagi mereka. “Kan kalau mereka hanya terima bantuan non tunai, tambahkan saja bantuan tunai Rp 200 ribu dari APBD,” ujar Andi Faiz.

Alokasi anggaran bagi penanggulangan Covid-19 sangat besar. Pemerintah pun tak perlu khawatir bakal menjadi temuan.

Asalkan seluruh penerima manfaat benar-benar terwujud atau bukan fiktif. “Kita sudah sepakat anggaran besar untuk Covid-19, asalkan tidak fiktif kan aman saja,” ungkapnya. (*)