AKD Terbentuk, DPRD Bontang Mulai Bekerja

Suasana rapat pembentukan AKD.


SELISIK.ID, Bontang – Akhirnya anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Bontang mulai bisa bekerja sebagaimana tugas, pokok, dan fungsinya (tupoksi).

Pasalnya, Senin (7/10/2019) seluruh Alat Kelengkapan Dewan (AKD) resmi terbentuk. Kendati memakan waktu hingga enam jam lamanya.

Ketua DPRD Bontang Andi Faizal Sofyan Hasdam mengatakan, lamanya pembentukan AKD terjadi saat penentuan ketua Komisi I.

Itu karena keputusan yang ditentukan melalui mekanisme voting, di mana dua anggota DPRD yaitu Muslimin dan Maming suaranya imbang. Setelah dilakukan voting yang kedua dengan 8 orang anggota komisi, akhirnya Muslimin terpilih sebagai Ketua Komisi I. “Dalam penetuan Ketua Komisi I ini cukup memakan waktu karena sampai dua kali skorsing,” ungkapnya.

Saat ini hanya tinggal keanggotaan Badan Anggaran (Banggar) yang masih menggantung karena lebih dari dua belas anggota atau tambah satu anggota menjadi 13. Sehingga pihaknya akan melakukan konsultasi dengan Kementerian Dalam Negeri terlebih dahulu. “Kalau di tatib (tata tertib) hanya 12 anggota,” katanya.

Sementara untuk susunan komisi yang lain, yaitu komisi II dipimpin oleh Rustam HS, dan Ketua Komisi III Amir Tosina. Semua AKD sudah terbentuk termasuk ketua Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda), Badan Kehormatan, serta Badan Musyawarah DPRD Bontang
dari hasil rapat yang diikuti 24 anggota DPRD Bontang terpilih.

Untuk Komisi I terdiri dari 9 orang, dengan ketua Muslimin, Wakil Ketua Raking, Sekretaris Muhammad Irfan, dan anggota Maming, Abdul Haris, Ma’ruf Effendy, Rusli, dan Bakhtiar Wakkang.

Komisi II diisi oleh 8 orang, dengan Ketua Komisi Rustam, Wakil Ketua Ridwan, Sekretaris Suharno, dan anggota Nursalam, Sumaryono, Siti Yara, dan Etha Rimba Paembonan. Sedangkan untuk Komisi III terdiri dari 7 orang, dengan Ketua Komisi Amir Tosina, Wakil Ketua Abdul Malik, Sekretaris Abdul Samad, dan anggota Faisal, Agus Suhadi, Yassier Arafat, dan Astuti.

Sementara untuk Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda), jabatan ketua diisi Ma’ruf Effendy, Wakil Ketua Nursalam, Sekretaris Lukman, dan anggota Bakhtiar Wakkang, Astuti, Maming, Raking, Muhammad Irfan, dan Abdul Samad.

Adapun untuk ketua Banmus ditempati Andi Faizal Sofyan Hasdam, Wakil Ketua I Junaidi, Wakil Ketua II Agus Haris, Sekertaris Lukman, dan anggota Yassier Arafat, Rustam, Siti Yara, Abdul Haris, Amir Tosina, Rusli, Abdul Malik, Raking, Faisal, Yasser Arafat, Rustam, Siti yara, Abdul Haris, Amir Tosina, Rusli, dan Abdul Malik.

Untuk jabatan ketua Banggar diisi Andi Faizal Sofyan Hasdam, Wakil Ketua I Junaidi, Wakil Ketua II Agus Haris, Sekretaris Lukman, dan anggota Suharno, Sumaryono, Rusli, Siti Yara, Afus Suhadi, Etha Rimba Paembonan, Muslimin, Nursalam, dan Bakhtiar Wakkang.

Sedangkan untuk jabatan ketua Badan Kehormatan (BK) diisi oleh Agus Suhadi, Wakil Ketua Ridwan dan Abdul Malik. Adapun anggota BK yakni Ridwan, Abdul malik, dan Agus Suhadi. (adv/ver)