Agus Haris Terpilih Jadi Ketua Pansus Tatib DPRD Bontang

SELISIK.ID, Bontang – Anggota Fraksi Gerindra Bersama Berkarya Agus Haris terpilih menjadi Ketua Panitia Khusus (Pansus) Tata Tertib (Tatib) Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Bontang.

Keputusan tersebut merupakan hasil musyawarah yang dipimpin Ketua DPRD Bontang Sementara Nursalam dihadiri 18 anggota DPRD, dalam rapat paripurna pengusulan tim pansus tatib, di ruang Sekretariat DPRD, Selasa (20/8/2019).

Dalam rapat tersebut, Nursalam membacakan perwakilan yang akan masuk dalam tim pansus. Nama-nama itu sudah diminta Nursalam dari seluruh fraksi sehari sebelum rapat dilaksanakan.
Yaitu, Fraksi Golkar Bersama NasDem yang mengusulkan Muslimin dan Bakhtiar Wakkang.

Sementara Fraksi PKB Persatuan Perjuangan menyorong Agus Suhadi dan Astuti. Kemudian Fraksi Gerindra Bersama Berkarya mengusulkan Agus Haris. Dari Fraksi PKS Suharno dan Fraksi Amanat Nurani Rakyat (Anur) Ridwan.

Setelah dibacakan, Nursalam pun menskors rapat sekira 10 menit untuk memberikan waktu para anggota menentukan pimpinan pansus.

Saat waktu berakhir, Nursalam langsung meminta kepada seluruh anggota memilih.
Berdasarkan hasil pemilihan, disepakati Agus Haris menjadi ketua pansus. Meski dalam pemilihan itu ada suara yang memilih Ketua Fraksi Annur Ridwan.

“Apakah semua sepakat memilih Agus Haris sebagai ketua,” tutur Nursalam. Seluruh anggota dewan pun serentak menjawab dan menyetujui Agus Haris sebagai ketua.

Nursalam pun kemudian melanjutkan dengan membacakan 10 tim pansus tersebut. Yakni, Agus Haris sebagai ketua, Bahtiar Wakkang wakil ketua, anggota Muslimin, Agus Suhadi, Astuti, Suharno, Ridwan, Nursalam, Junaedi, dan Ma’ruf Effendi.

“Ma’ruf ditunjuk berdasarkan diskresi karena melihat kesenioran dan menjadi ketua Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda),” ungkapnya.

Politisi Golkar ini menjelaskan, berdasarkan PP 12 Tahun 2018 jumlah tim pansus hanya diisi sebanyak 10 orang. Tidak dibenarkan melebihi jumlah tersebut. Serta tak bisa digantikan pula ketika sudah resmi di SK-kan.

Sementara, Agus Haris menuturkan, ia menindaklanjuti pansus ini dengan mengumpulkan seluruh anggota. Namun dalam waktu dekat, pansus akan mengunjungi Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri).
“Kami akan konsultasi ke Kemendagri dulu untuk tindaklanjut,” pungkasnya.(adv/ver)