3 Program Prioritas Basri-Najirah usai Dilantik

Bontang – Pasca dilantik oleh Gubernur Kaltim, Basri-Najirah kini telah mempersiapkan sejumlah program kerja. Ada 3 program prioritas yang siap dijalankan dalam waktu dekat ini.

Di antaranya pengentasan Covid-19, pemulihan ekonomi masyarakat, serta penanggulangan banjir. “Ini yang akan kami kerjakan pada tahun 2021,” ungkap Wali Kota Bontang Basri Rase.

Menurut Basri, pandemi Covid-19 berpengaruh secara signifikan terhadap aspek kehidupan masyarakat. Mulai dari sektor ekonomi hingga sosial. Sehingga perlu penanganan yang tepat dan kerja sama seluruh stakeholder guna memulihkan ekonomi Kota Bontang akibat pandemi Covid.

Tercatat, tingkat pertumbuhan ekonomi mengalami penurunan dari 6,64 persen pada tahun 2019, menjadi 2,38 persen pada Tahun 2020. Akibatnya, angka kemiskinan dan pengangguran turut meningkat.

“Kondisi ini tentu menjadi tugas pertama yang harus segera kami prioritaskan untuk diintervensi melalui kebijakan yang tepat,” bebernya.

Basri menegaskan, program pengentasan Covid-19 dan pemulihan ekonomi masyarakat akan dilakukan dengan kebijakan refocussing anggaran tahun 2021. Sementara program penanggulangan banjir menggunakan dana sebesar 10 % dari APBD. Besaran alokasi tersebut sesuai dengan hasil rekomendasi dari Pansus Banjir di DPRD.

“Kebijakan pemulihan ekonomi ini harus dirumuskan secara tepat, agar intervensi yang dilakukan melalui program dan kegiatan pembangunan tepat menyasar pada permasalahan mendasar yang dibutuhkan masyarakat,” timpalnya.

Basri menambahkan, program tersebut merupakan sasaran prioritas yang akan direalisasikan pada tahun 2021, dan secara keseluruhan telah menjadi bagian dari kerangka pembangunan periode 2021-2024, yang akan dituangkan dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) sesuai dengan visi misi dalam mewujudkan pembangunan Bontang ke depan. (*)