25 Anggota DPRD Bontang Dilantik, Separuhnya Wajah Baru

SELISIK.ID, Bontang – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Bontang masa jabatan 2019-2024 akhirnya resmi dilantik, di ruang rapat paripurna Kantor DPRD Bontang, Kamis (15/8/2019) pagi.

Dari total 25 wakil rakyat di parlemen Bontang, 13 orang merupakan wajah baru. Sisanya incumbent atau legislator periode lalu yang kembali terpilih.

Mereka mengikuti prosesi dengan khidmat. Mulai dari sumpah jabatan yang dipandu Ketua Pengadilan Negeri Bontang Praditia Danindra, penyematan pin, penandatanganan berita acara hingga pakta integritas.

Setelah itu, mereka pun menduduki kursi yang telah diamanahkan rakyat, disaksikan Wali Kota Bontang Neni Moerniaeni, Wakil Wali Kota (Wawali) Bontang Basri Rase, dan seluruh tamu undangan.

Nursalam kembali mengemban tugas sebagai ketua DPRD Sementara, sedangkan wakil ketua DPRD berganti dan dijabat oleh Junaedi.

Wali Kota Bontang Neni Moerniaeni yang membacakan sambutan Gubernur Kaltim Isran Noor menuturkan, atas nama pemerintah Provinsi Kaltim menyambut baik dan mengucapkan selamat atas dilantiknya anggota DPRD Bontang masa bakti 2019-2024.


“Semoga dapat mengemban amanah rakyat dan melaksanakan tugas dan tanggung jawab dengan sebaik-baiknya,” tuturnya.

Neni menjelaskan, fungsi legislasi adalah membentuk peraturan daerah (perda), yang sudah menjadi tugas dan kewenangan DPRD sebagai perwujudan pemegang kekuasaan legislatif daerah.

Kemudian fungsi anggaran, yaitu memberikan persetujuan terhadap rancangan APBD yang diajukan pemerintah daerah.

Lalu fungsi pengawasan, yaitu melakukan pengawasan dan juga memantau setiap pelaksanaan perda yang sudah disepakati bersama dengan pimpinan daerah serta mengawasi penggunaan anggaran yang sudah disahkan sebelumnya dalam APBD.

“Dengan memahami ketiga fungsi tersebut, maka saya berharap hubungan dan kerja sama antara pemerintah dengan lembaga wakil rakyat dapat terjalin baik, saling sinergis, saling memahami karena peran dan tanggung jawab serta kedudukannya setara,” harap Neni. (ver/adv)

Leave A Reply

Your email address will not be published.